SMKN2BONDOWOSO_News. Senin, 7 Oktober 2024 kelas XI mempresentasikan hasil projek P5 kebekerjaan yang sudah diselesaikan selama 2 minggu.
Skenario kegiatan P5 kelas XI mengambil Alur Projek: Pengenalan – Kontekstualisasi – Aksi – Refleksi dan Tindak Lanjut

Pada tahap pengenalan peserta didik yang telah mengikuti kegiatan teaching factory di sekolah mengikuti serangkaian game yang diberikan oleh fasilitator. Game yang seru dan mengembangkan karakter kolaborasi. Diantaranya game estafet karet gelang menggunakan sedotan, game memasukkan paku ke dalam botol secara bersama – sama dan yel – yel.

Salah satu Game Kolaborasi

Tahap kontekstualisasi peserta didik berkolaborasi untuk menyelesaikan masalah – masalah yang terjadi dalam dunia kerja. Masalah di kemas dalam bentuk studi kasus bersama kemudian setiap kelompok mempresentasikan pemecahan masalahnya.

Presentasi Pemecahan Studi Kasus

Tahap Aksi setiap kelompok mendokumentasikan kegiatan kebekerjaannya. Kelas perhotelan mempresentasikan promosi edotel, kelas kuliner memproduksi donat, kelas desain dan produksi busana memproduksi seragam dan kelas tata kecantikan menjadi beautician yang melayani facial. Dokumentasi di presentasikan di depan fasilitator.
Tahap refleksi peserta didik merefleksikan kegiatan P5 dengan teknik 4P
Peristiwa, menuliskan proses kegiatan P5 yang sudah dilakukan
Pembelajaran, menuliskan pengalaman yang didapatkan selama mengerjakan projek/P5
Perasaan, menuliskan kesan selama mengikuti rangkaian P5 dan
Perubahan, Menuliskan hal – hal positif yang merubah karakter  dari kegiatan P5 dan menggunakannya di dalam kehidupan mereka.

Presentasi Video Promosi Edotel Cipta Widaya SMKN 2 BONDOWOSO

Presentasi kelas XI B2

Suksesnya kegiatan P5 juga hasil dari kolaborasi seluruh fasilitator tiap kelas. Kekompakan dalam menyusun kegiatan dan pendampingan mereka luar biasa, hingga kegiatan kegiatan P5 dimiliki oleh seluruh fasilitator. Ide kreatif P5 menjadikan kegiatan P5 low budget high impact. Dampak maksimal bagi karakter siswa diantaranya sikap berfikir kritis, kreatif dan berkolaborasi. Karakter – karakter tersebut akan sebagai bekal peserta didik masuk ke dunia kerja dan mampu menghadapi tantangan di abad 21.