Evaluasi Pembimbing Praktik Kerja Lapangan ( PKL) Smakenda

Evaluasi Pembimbing Praktik Kerja Lapangan ( PKL) Smakenda

Guru Smakenda yang memiliki tugas tambahan sebagai pembimbing PKL mulai melaksanakan monitoring sebagai bentuk evaluasi yang dapat dijadikan refleksi untuk pelaksanaan selanjutnya.

PKL di Salon Asmitha Malang

Adapun monitoring yang sudah dilaksanakan pada tanggal 15 Oktober 2024 diantaranya adalah siswa yang PKL di Salon Asmitha Malang dari kompetensi Keahlian Kecantikan, Java Lotus Jember, HOtel Royal Jember dan beberapa dudika yang tersebar di wilayah Bondowoso.

HOtel Royal Jember

Melihat kompetensi mereka yang semakin meningkat, Bapak Daris selaku kepala Smakenda Optimis bahwa lulusan tahun ini akan semakin banyak alumni yang terekrut sesuai dengan jurusannya.

Dapoer Bamecha (Assistant Baker)

Dapoer Bamecha (Assistant Baker)

  • Mempunyai pengalaman membuat kue & roti
  • Diutamakan yang berpendidikan tataboga
  • Bersih, rapi, pekerja keras, mampu bekerja dibawah tekanan
  • 18 tahun ke atas
  • Shift kerja subuh

Kirim CV beserta dengan 1x foto produk kreasi sendiri & 1x video produk

Persyaratan minimum:

  • Mencari kandidat untuk bekerja pada:
    • Senin: Pagi
    • Selasa: Pagi
    • Rabu: Pagi
    • Kamis: Pagi
    • Jum’at: Pagi
    • Sabtu: Pagi
  • Diperlukan 1 tahun pengalaman kerja yang relevan untuk posisi ini
  • Pelamar harus memiliki KTP
  • Tanggal mulai kerja: 20 October 2024

Bamecha & Dapoer Bamecha Bakery (Production Outlet) 

Jl. Karna No.5, Dauh Puri Kaja, Kec. Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali 80111

SERABUTAN KITCHEN (Usaha dibidang Kuliner )

SERABUTAN KITCHEN (Usaha dibidang Kuliner )

Kriteria :                               

  1. Maksimal usia 35 tahun
  2. Pendidikan minimal diutamakan SMK Tata Boga
  3. Memiliki pengalaman bekerja di Catering
  4. Inisiatif, Teliti , Jujur & Bertanggung Jawab
  5. Mampu bekerja secara Team
  6. Bersedia bekerja Jam 02.00/03.00 WIB atau dalam shift yang lain (jika lebih dari jam tersebut maka di berikan Over time)
  7. Diutamakan Domisili  Daerah Sekitar A Yani Surabaya 
  8. Bersedia : Interview secara offline dan Menjalani test

Alamat : Jl. A. Yani Surabaya

SKENARIO P5 “BERKOLABORASI DALAM DUNIA KERJA” YANG BERDAMPAK PADA MURID

SKENARIO P5 “BERKOLABORASI DALAM DUNIA KERJA” YANG BERDAMPAK PADA MURID

SMKN2BONDOWOSO_News. Senin, 7 Oktober 2024 kelas XI mempresentasikan hasil projek P5 kebekerjaan yang sudah diselesaikan selama 2 minggu.
Skenario kegiatan P5 kelas XI mengambil Alur Projek: Pengenalan – Kontekstualisasi – Aksi – Refleksi dan Tindak Lanjut

Pada tahap pengenalan peserta didik yang telah mengikuti kegiatan teaching factory di sekolah mengikuti serangkaian game yang diberikan oleh fasilitator. Game yang seru dan mengembangkan karakter kolaborasi. Diantaranya game estafet karet gelang menggunakan sedotan, game memasukkan paku ke dalam botol secara bersama – sama dan yel – yel.

Salah satu Game Kolaborasi

Tahap kontekstualisasi peserta didik berkolaborasi untuk menyelesaikan masalah – masalah yang terjadi dalam dunia kerja. Masalah di kemas dalam bentuk studi kasus bersama kemudian setiap kelompok mempresentasikan pemecahan masalahnya.

Presentasi Pemecahan Studi Kasus

Tahap Aksi setiap kelompok mendokumentasikan kegiatan kebekerjaannya. Kelas perhotelan mempresentasikan promosi edotel, kelas kuliner memproduksi donat, kelas desain dan produksi busana memproduksi seragam dan kelas tata kecantikan menjadi beautician yang melayani facial. Dokumentasi di presentasikan di depan fasilitator.
Tahap refleksi peserta didik merefleksikan kegiatan P5 dengan teknik 4P
Peristiwa, menuliskan proses kegiatan P5 yang sudah dilakukan
Pembelajaran, menuliskan pengalaman yang didapatkan selama mengerjakan projek/P5
Perasaan, menuliskan kesan selama mengikuti rangkaian P5 dan
Perubahan, Menuliskan hal – hal positif yang merubah karakter  dari kegiatan P5 dan menggunakannya di dalam kehidupan mereka.

Presentasi Video Promosi Edotel Cipta Widaya SMKN 2 BONDOWOSO

Presentasi kelas XI B2

Suksesnya kegiatan P5 juga hasil dari kolaborasi seluruh fasilitator tiap kelas. Kekompakan dalam menyusun kegiatan dan pendampingan mereka luar biasa, hingga kegiatan kegiatan P5 dimiliki oleh seluruh fasilitator. Ide kreatif P5 menjadikan kegiatan P5 low budget high impact. Dampak maksimal bagi karakter siswa diantaranya sikap berfikir kritis, kreatif dan berkolaborasi. Karakter – karakter tersebut akan sebagai bekal peserta didik masuk ke dunia kerja dan mampu menghadapi tantangan di abad 21.

P5 KEBEKERJAAN KUATKAN SIKAP HOSPITALITY PESERTA DIDIK SMKN 2 BONDOWOSO

P5 KEBEKERJAAN KUATKAN SIKAP HOSPITALITY PESERTA DIDIK SMKN 2 BONDOWOSO

SMKN2BONDOWOSO_News. Senin, 7 Oktober 2024 adalah hari pamungkas kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kebekerjaan. Peserta didik dengan penuh semangat dan antusis melanjutkan unjuk kreatifitas dalam presentasi projek. Setiap kelompok mempresentasikan video dan dokumentasi kegiatan kelompok mereka. Setiap kelompok melakukan aktivitas bidang pekerjaan yang sesuai dengan konsentrasi keahliannya. P5 kali ini lebih menekankan bahwa proses belajar merupakan pengalaman yang sangat bermakna bagi peserta didik. Proses belajar mampu menumbuhkan karakter yang diharapkan melalui sebuah aktivitas kontekstual dan menantang. Karakter akan tumbuh melalui olah pikir dan olah rasa.
Projek P5 kelas X mengambil topik: Bekerja dengan Berbudaya. Karakter yang dikembangkan pada P5 kali ini adalah: Bernalar kritis, kreatif dan mandiri. Alur Projek adalah: Pengenalan – Kontekstualisasi – Aksi – Refleksi dan Tindak Lanjut. Masing – masing tahap berisi sebagai berikut.

Presentasi Hasil Projek

Pengenalan: Berisi tentang potensi diri dan pengenalan bidang pekerjaan yang sesuai dengan konsentrasi keahliannya.
Kontektualisasi: Berisi tentang pemahaman pentingnya penerapan grooming, greeting dan komunikasi efektif dalam aktivitas melakukan pekerjaan yang sesuai dengan konsentrasi keahliannya.
Aksi: Berisi tentang aksi nyata peserta didik melakukan pekerjaan yang sesuai dengan konsentrasi keahliannya dengan menerapkan budaya kerja (grooming, greeting dan komunikasi efektif). Kegiatan tersebut didokumentasi dalam bentuk gambar/tulisan/video yang kreatif serta mempresentasikannya di depan fasilitator.

Materi 4 Komunikasi Efektif

Refleksi: peserta didik merefleksikan tindakan yang sudah dilakukan meliputi kelebihan dan kekurangan dirinya profil diri dan budaya kerja dari umpan balik guru, teman atau orang dewasa lainnya serta tindakan yang akan dilakukan untuk perbaikan diri.
Tindak Lanjut: Menerapkan grooming, greeting dan komunikasi efektif dalam lingkup sekolah secara konsisten dan berkelanjutan.

Praktik Standar Grooming, greeting oleh Waka Humas

Rancangan kegiatan P5 merupakan tindak lanjut dari penyusunan program P5 dengan industri yaitu Hotel Luminor Jember. Kegiatan didanai oleh anggaran SMK Pusat Keunggulan skema reguler lanjutan tahun 2024. Hasil kegiatan P5 ini dapat memupuk budaya positif di sekolah yaitu standar grooming, greeting dan komunikasi efektif. Budaya positif ini menguatkan jati diri SMK Negeri 2 Bondowoso sebagai SMK bidang keahlian pariwisata.

Pemberian Materi Potensi Diri Oleh Guru BK

Peserta didik menyampaikan dalam feleksinya bahwa kegiatan P5 dapat merubah karakter mereka akan sikap hospitality.