Kebutuhan suatu informasi pada era digital saat ini cukup tinggi dan akan semakin tinggi, terutama informasi dari internet. Hidup di era pesatnya perkembangan teknologi membuat kita, para pengguna internet, tidak ingin direpotkan dengan berbagai hal, termasuk ketika mencari sesuatu. Dengan tingginya kebutuhan akan informasi tersebut, untungnya saat ini internet dengan segala “keajaibannya” telah menyediakan berbagai platform semacam macam mesin pelacak/pencari/penelusur informasi untuk mempermudah pencarian data atau informasi. Namun setiap mesin pencari memiliki algoritma yang berbeda antara satu dengan yang lain.
Kursus yang tersedia

MATEMATIKA KELAS X SEMESTER GENAP, XA1, X A2, X A3, X D1 dan XC
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh......
Salam jumpa kembali anak-anak .......
Pada semester genap ini, kita akan mulai belajar dengan materi "TRIGONOMETRI"`
Simak baik-baik materinya, jika ada yang kurang jelas kalian bisa mendiskusikannya melalui Forum.
Pelajari pula tugasnya, kerjakan soal latihan pada buku tugas kalian. Kumpulkan hasilnya melalui permata smakenda.
Selamat belajar ....dan jangan lupakan bedo'a.
Semoga sukses

ETIKA SOPAN DAN SANTUN
Pepatah dalam bahasa Jawa mengungkapkan
bahwa,
”ajining dhiri gumantung ana ing lathi,
ajining sarira gumantuing ana ing busana”.
Pepatah itu artinya kurang lebih, harga diri manusia
itu tergantung dari cara berbicara serta santunnya
kata dan perbuatan, sedangkan nilai raga manusia
tergantung dari cara berpakaiannya.
Pepatah ini memberikan rambu-rambu kepada kita
bahwa nilai luhur dari seorang manusia itu terletak
dari bagaimana manusia membawa diri.

ETIKA SOPAN DAN SANTUN
Pepatah dalam bahasa Jawa mengungkapkan
bahwa,
”ajining dhiri gumantung ana ing lathi,
ajining sarira gumantuing ana ing busana”.
Pepatah itu artinya kurang lebih, harga diri manusia
itu tergantung dari cara berbicara serta santunnya
kata dan perbuatan, sedangkan nilai raga manusia
tergantung dari cara berpakaiannya.
Pepatah ini memberikan rambu-rambu kepada kita
bahwa nilai luhur dari seorang manusia itu terletak
dari bagaimana manusia membawa diri.

Membangkitkan Semangat Belajar di Era Pandemi Covid-19
Anda ingin menjadi siswa berprestasi di kala pandemi covid-19??
Bangkitkan semangat belajar anda meskipun belajar dari rumah secara daring.
Pikirkan tentang masa depan anda, banyak usaha-usaha untuk memotivasi belajar untuk meraih kesuksesan.
Bagaimana caranya membangkitkan semangat dalam belajar doi era pandemi? Banyak faktor yang mempengaruhinya, baik faktor internal maupun eksternal.

Bimbingan Konseling Kelas XII
Siswa dapat mengetahui informasi tentang Perguruan Tinggi

MATEMATIKA KELAS XI A1, XI C , XI D1 (6 Okt 2020)
Assalamu'alaikum.....
Anak-anak yang semoga selalu dirahmati Allah Subhanahu Wata'ala, tetap semangat belajar di era pandemi ini, semoga wabah ini cepat berlalu dan kita segera dapat bertatap muka.
Salam jumpa kembali pada pertemuan ke-5 dengan pembahasan "Fungsi Kuadrat"
Simak dan pelajari bahan ajarnya, kemudian kerjakan latihan/penugasannya pada buku penugasan, foto dan upload tugas kalian melalui Pertama Smakenda.
"Disiplin dalam belajar merupakan kunci keberhasilan"
Selamat Belajar.........

MATEMATIKA KELAS XII B1, XII B2, XII D2 (6 Oktober 2020)
Assalamu'alaikum.....
Anak-anak yang semoga selalu dirahmati Allah Subhanahu Wata'ala, tetap semangat belajar di era pandemi ini, semoga wabah ini cepat berlalu dan kita segera dapat bertatap muka.
Salam jumpa kembali pada pertemuan ke-5 dengan pembahasan "Limit Fungsi Aljabar"
Simak dan pelajari bahan ajarnya, kemudian kerjakan latihan/penugasannya pada buku penugasan, foto dan upload tugas kalian melalui Pertama Smakenda.
"Disiplin dalam belajar merupakan kunci keberhasilan"
Selamat Belajar.........

LIMIT Kelas XII C, XII A1, XII A2, XII D1 (6 Oktober 2020)
Assalamualaikum wr wb anak - anak, mudah - mudahan kalian sehat selalu dn masih semangat belajar,,
Pertemuan kali ini kita akan mempelajari materi tentang limit, setelah kalian mempelajari dan telah memahami materi di Bahan Ajar yang telah di uplod kalian dapat mengerjakan penugasan di LKPD , kalian dapat mengumpulkan tugas dengan cara mengupload hasilnya di permata smakenda.
Selamat beljar dan selamat mengerjakan.. !

BARISAN DAN DERET KELAS X B1, X B2, DAN XD2 (6 Oktober 2020)
Pertemuan kali ini kita akan mempelajari materi tentang Barisan dan Deret,
Pelajari materi (Bahan Ajar) yang telah di uplod dan kerjakan penugasan di LKPD pada buku tugas kalian..
Semangat belajar dan selamat mengerjakan..!

MATEMATIKA KELAS X A1, X C, dan X D1 (6 Okt 2020)
Assalamu'alaikum.....
Anak-anak yang semoga selalu dirahmati Allah Subhanahu Wata'ala, tetap semangat belajar di era pandemi ini, semoga wabah ini cepat berlalu dan kita segera dapat bertatap muka.
Salam jumpa kembali pada pertemuan ke-5 dengan pembahasan "Barisan dan Deret Aritmatika"
Simak dan pelajari bahan ajarnya, kemudian kerjakan latihan/penugasannya pada buku penugasan, foto dan upload tugas kalian melalui Pertama Smakenda.
"Disiplin dalam belajar merupakan kunci keberhasilan"
Selamat Belajar.........

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI
Assalamualaikum.wr.wb
anak-anakku yang dirahmati Allah Swt, semoga kita selalu dalam lindungan Allah Swt, diberikan kesehatan serta diberi kemudahan dalam segala urusan kebaikan. untuk pertemuan kali ini kita membahas bab pernikahan dalam Islam.

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
Selamat bergabung kembali di Mata pelajaran PPKn Kelas X pada kesempatan kali ini kita akan membahas materi tentang ketentuan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan keamanan. Terima kasih
Wassalamualikum Warohmatullahi Wabarokatuh

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI
Assalamualaikum.wr.wb
anak-anakku yang dirahmati Allah Swt, semoga kita selalu dalam lindungan Allah Swt, diberi kesehatan dan dimudahkan segala urusan kebaikan kita semua. untuk pertemuan perdana ini kita akan membahas terkait tentang bab iman kepada Allah Swt melalui Asma'ul Husna. oleh karenanya silahkan dibaca dan dipahami materi berikut.
Nuril Qodri Mubarok, M.Pd

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Assalamualikum Warohmatullahi Wabarokatuh
Selamat Belajar kembali di Mata Pelajaran PPKn Kelas XII pada kursus kali ini kita akan mempelajari materi tentang etos kerja. terima kasih
Wassalamualaikum warohmatullahi Wabarokatuh

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI
Assalamualaikum.wr.wb
anak-anakku yang dirahmati Allah Swt, semoga kita selalu dalam lindungan Allah Swt, diberi kesehatan dan dimudahkan segala urusan kebaikan kita semua. untuk pertemuan perdana ini kita akan membahas terkait tentang bab iman kepada Allah Swt melalui Asma'ul Husna. oleh karenanya silahkan dibaca dan dipahami materi berikut.
Guru Pembimbing: Nuril Qodri Mubarok, M.Pd

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh. Selamat bertemu kembali di Mata Pelajaran PPKn dan selamat belajar kembali pada kesempatan ini kita akan belajar materi tentang Dinamika Demokrasi Pancasila. terima kasih
Wassalamualikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Pola Hidup Bersih dan Sehat
Semua orang tentu ingin memiliki tubuh yang sehat, namun tidak sedikit juga orang yang mengabaikan pola hidup bersih dan sehat, mereka menganggap bahwa tubuh yang sehat hanya perlu memenuhi kebutuhan makan mereka, padahal banyak hal yang perlu untuk diperhatikan yaitu salah satunya dengan memperhatikan dan menjalankan pola hidup yang sehat. Memiliki tubuh yang sehat tentu akan membuat Anda merasa nyaman dalam menjalani kehidupan Anda.

SIMULASI & KOMUNIKASI DIGITAL KELAS X
Assalamualaikum anak-anak kelas X.. Semangat apgi, semangat siang, semangat malam..
Bertemu dengan Ibu Yuliati WS pada mata pembelajaran SIMDIG. Apa mapel SIMDIG ?? Anak-anak dapat mengawali pembelajaran dengan menyimak video berikut:
Selema semester kedepan, kita buat pembeajaran daring ini menjadi lebih semangat, menyenangkan dan bermanfaat ya. Salam super... tetap semangat dimasa pandemi ini.
Wassalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh..

BAHASA INDONESIA X
3.1 Memahami laporan hasil observasi berkaitan dengan bidang pekerjaan yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis
4.1 Menyajikan isi teks (intisari) laporan hasil observasi berkaitan dengan bidang pekerjaan berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis
3.2 Menganalisisis dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi berkaitan dengan bidang pekerjaan
4.2 Mengonstruksikan teks laporan observasi berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan baik lisan maupun tulis

MATEMATIKA KELAS X
Program Linier
Tujuan yang diharapkan dalam Pembelajaran ini, peserta didik dapat :
Ø Menjelaskan pengertian sistem pertidaksamaan linear dua variabel
Ø Menentukan penyelesaian dari sistem pertidaksamaan linear dua variabel
Ø Mengubah masalah nyata ke dalam model matematika
Ø Menentukan daerah penyelesaian dari model matematikaMenentukan fungsi obyektif dari soal
Ø Menentukan nilai optimum berdasar fungsi obyektf.
Ø Menentukan nilai maksimum dan minimum permasalahan kontekstual yang berkaitan dengan program linier dua variabel dengan menggunakan uji titik pojok
Ø Menentukan nilai maksimum dan minimum permasalahan kontekstual yang berkaitan dengan program linier dua variabel dengan menggunakan garis selidik
Ø Menggambar grafik fungsi linier berdasarkan model matematika yang telah dibuat
Ø Menghitung nilai optimum (maksimum/minimum) menggunakan perpotongan dua garis
Tujuan Pembelajaran
Melalui proses membaca dan menggali informasi, peserta didik dapat:
3.5.1 Mengidentifikasi definisi barisan dan deret aritmatika dengan benar
3.5.2 Menentukan nilai suku ke-n suatu barisan aritmatika dengan tepat
3.5.3 Menentukan rumus suku ke-n barisan aritmatika dengan benar
3.5.4 Menentukan rumus jumlah n suku pertama deret aritmatika dengan benar
4.5.1 Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret aritmatika dengan benar
MATEMATIKA KELAS X A1, X D1, XC
Assalamu'alaikum......
Selamat berjumpa anak-anak....salam kenal dengan Ibu Mismiati.
Pada pertemuan awal, kita akan mempelajari materi tentang Program Linier.
Tujuan yang diharapkan dalam Pembelajaran ini, peserta didik dapat :
Ø Menjelaskan pengertian sistem pertidaksamaan linear dua variabel
Ø Menentukan penyelesaian dari sistem pertidaksamaan linear dua variabel
Ø Mengubah masalah nyata ke dalam model matematika
Ø Menentukan daerah penyelesaian dari model matematikaMenentukan fungsi obyektif dari soal
Ø Menentukan nilai optimum berdasar fungsi obyektf.
Ø Menentukan nilai maksimum dan minimum permasalahan kontekstual yang berkaitan dengan program linier dua variabel dengan menggunakan uji titik pojok
Ø Menentukan nilai maksimum dan minimum permasalahan kontekstual yang berkaitan dengan program linier dua variabel dengan menggunakan garis selidik
Ø Menggambar grafik fungsi linier berdasarkan model matematika yang telah dibuat
Ø Menghitung nilai optimum (maksimum/minimum) menggunakan perpotongan dua garis
Selamat dan Semangat Belajar........

Bahasa Indonesia
3.1 Memahami laporan hasil observasi berkaitan dengan bidang pekerjaan yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis
4.1 Menyajikan isi teks (intisari) laporan hasil observasi berkaitan dengan bidang pekerjaan berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis
3.2 Menganalisisis dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi berkaitan dengan bidang pekerjaan
4.2 Mengonstruksikan teks laporano bservasi berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan baik lisan maupun tulis
Tujuan pembelajaran
1.Mendeskripsikan teks laporan hasil observasi dengan tepat
2.Menentukan pengertian, fungsi, tujuan, ciri-ciri dan struktur teks hasil laporan observasi
3.Menganalisis contoh-contoh teks hasil laporan observasi dengan rinci.
4. Merancang tahapan menyusun teks hasil observasi dengan percaya diri
5. Menyusun teks hasil laporan hasil observasi tentang Lingkungan Sekitar( sekolah, rumah, atau tempat lainnya)
Bahasa Indonesia Kelas XI
Apa Kabar anak-anak hebat. Kita akan belajar Bahasa Indonesia dengan materi awal Teks Laporan Hasil Observasi

FOOD & BEVERAGE SERVICE
salah satu “outlet” dari bagian makanan dan minuman
yang fungsinya menjual dan melayani makanan dan minuman kepada
tamu hotel, baik yang menginap maupun yang tidak menginap
jenis jenis restoran :•Dining room
•Coffee shop
•Grill room
•Speciality restaurant
•Supper club
•Bar
• Room service,
•Function room
Direstoran tersebut akan ditentukan menu yg akan di jual dengan pertimbanganKriteria dan Jenis Menu
Ada beberapa faktor yang perlu
dipertimbangkan dalam menentukan menu yang akan disajikan: 1. Penampilan
umum 2.Isi menu 3.Jenis Menu
JENIS JENIS PELAYANAN
1. Table service
A.American service
B.English service
C.French service
D.Russian service
2. Counter service
3. Self service
4. Carry out service
dalam pemakaian peralatan dan perabot yang perlu di pertimbangkan biar konsepnya cocok dengan menu yang disajikan dalam restauran tersebut
Faktor Yang Harus Dipertimbangkan Dalam Memilih Peralatan
MATEMATIKA-STATISTIKA (Ukuran Penyebaran Data) Kelas XII B1, XII B2, dan XII D2
Assalamu'alaikum.....Apa kabar anak-anak...
Ibu do'akan kalian selalu sehat dan tetap semangat belajar.
Melalui kegiatan pembelajaran daring ini, diharapkan kalian dapat :
1. Menentukan ukuran penyebaran data tunggal dan kelompok dengan tepat.
2. Menentukan ukuran penyebaran data tunggal dari data yang disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dengan tepat.
3. Menerapkan ukuran penyebaran data tunggal dan kelompok dalam suatu masalah dengan tepat
4. Menganalisis masalah dalam kehidupan sehari-hari yang mencakup ukuran penyebaran data tunggal dan kelompok dengan tepat

Komunikasi Industri Perhotelan
Teknik Komunikasi di tempat kerja
1. Tata cara komunikasi ditempat kerja
2. Fungsi komunikasi di tempat kerja
3. Manfaat komunikasi ditempat kerja

Boga Dasar kelas X A2
1. Materi membuat macam-macam potongan bahan makanan
2. Materi macam-macam peralatan pengolahan makanan
3. Materi menerapkan metode dasar pengolahan makanan
4. Materi menganalisis bumbu dasar dan turunannya untuk makanan Indonesia
5. Materi menganalisis wadah hidangan dari sayur dan buah

MATEMATIKA KELAS XII
Assalamualaikum wr, wb
Bagaimana kabarnya anak - anakku sekalian? Mudah - mudahan sehat selalu, tetap semangat belajar dimasa pandemi ini.
Materi yang akan kita pelajari di kali ini adalah "Statistika" yaitu tentang Ukuran letak data dan penyebaran data.
Dengan mempelajari materi ini, kalian dapat :
- Menemukan ukuran penyebaran data tunggal dan data kelompok yang men-cakup varians dan simpangan data
- Menganalisis ukuran penyebaran data tunggal dan data kelompok yang men-cakup varians dan simpangan data
- Menyelesaikan permasalahan tentang ukuran penyebaran data mencakup varians dan berbagai simpangan data

APPLICATION LETTER
Application Letter/ Surat Lamaran Kerja adalah surat yang dibuat dan dikirimkan oleh seseorang yang ingin bekerja di sebuah kantor, perusahaan atau pun instansi tertentu. Surat lamaran pekerjaan termasuk surat dinas atau resmi. Oleh karena itu, terdapat aturan-aturan tertentu yang harus diperhatikan dalam penulisannya.

BAHASA INGGRIS KELAS XII A2 (LAURA HUZEIMAH JOEFRIE, S.Pd)
APPLICATION LETTER KELAS
1. Memahami teks khusus, lisan dan tulis, berbentuk surat lamaran kerja disampaikan dengan memperhatikan fungsi sosial dengan benar
2. Mengidentifikasi kelengkapan struktur teks khusus, lisan dan tulis, berbentuk surat lamaran kerja dengan benar
3. Menyusun surat lamaran kerja, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

Bahasa Inggris klx XII
Application Letter/ Surat Lamaran Kerja adalah
surat yang dibuat dan dikirimkan oleh seseorang yang ingin bekerja di sebuah
kantor, perusahaan atau pun instansi tertentu. Surat lamaran pekerjaan termasuk
surat dinas atau resmi. Oleh karena itu, terdapat aturan-aturan tertentu yang
harus diperhatikan dalam penulisannya.

MATEMATIKA KELAS XI
Kompetensi Dasar:
3.22 Menganalisis masalah kontekstual yang berkaitan dengan logika matematika (persetujuan sederhana, negasi pernyataan sederhana, persetujuan majemuk, negosiasi persetujuan majemuk dan kesimpulan)
4. 22 Pria yelesaikan masalah kontekstual Yang berkaitan DENGAN Logika matematika (pernyataan sederhana, negasi pernyataan sederhana, pernyataan majemuk, negasi pernyataan majemuk Dan penarikan KESIMPULAN)
Kompetensi Dasar :
3.19 Menentukan nilai variabel pada persamaan dan fungsi kuadrat
4.19 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan dan fungsi kuadrat

Sanitasi Hygiene Kecantikan Kelas X
3.1 Memahami hygiene di bidang kecantikan
4.1 Melakukan pengelompokan hygiene dibidang kecantikan
3.3 Menerapkan sanitasi bidang kecantikan
4.3 Melakukan sanitasi bidang hygiene
3.5 Menerapkan keselamatan kerja
4.5 Melakukan keselamatan kerja

Bahasa INggris XI
Handling Message BY Phone
Receptionist : Thank you for calling, Whiteglow Restaurant. May I help you?
Caller: I want to make a reservation for five.
eceptionist: Alright, is it for tonight?
Caller: Yes, please.
Receptionist : What time would you like the reservation for?
Caller: I’d prefer 7:00
Receptionist: Fine, I have a table for five for tonight at 7:00, if you would just give me your name
Caller: It’s Adam Smith.
Receptionist: Alright, Mr. Smith, see you tonight at 7:00!
Caller: Great, thanks for the help!

Logika Matematika (Kelas XI)
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Jumpa kembali anak-anak...semoga kalian semua dalam lindungan Allah Subhanahu Wata'ala.
Selamat datang kembali dengan semangat baru di kelas XI...
Kita awali materi dengan " LOGIKA MATEMATIKA"
Semoga Allah memudahkan langkah kalian
Selamat dan semangat belajar

BAHASA IDONESIA KELAS XA3, XB1, XB2, XC
ALHAMDULILLAH HIROBBIL ALAMIN Kita masih diberi nikmat kesempatan untuk tetap belajar meskipun dengan keterbatasan jarak ditengah pandemi ini.
Mari kita bersyukur keharirat ALLAH SWT Tuhan Yang Maha Esa Dengan mengikuti pembelajaran online ini dengan baik dan penuh tanggung jawab.

ASKING AND GIVING OPINION
Asking and Giving Opinion ialah suatu ungkapan yang digunakan untuk menanyakan, menjawab atau merespon suatu pendapat. Dalam Opinion, biasanya terdapat beberapa kata kerja yang digunakan antara lain believe (percaya), reckon (memperhitungkan), think (rasa/pikir), doubt (meragukan), assume (berasumsi), agree (setuju), atau don’t agree (tidak setuju).

Introduction (Jati diri) X D2-Ika Puspita Sari Putri,S.Pd

PENDIDIKAN AGAMA DAN BUDI PEKERTI KELAS X
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Anak-anakku yang yang selalu di rahmati Allah, berikut ini adalah beberapa materi yang kalian ikuti selama 3 hari pada semester Ganjil ini pada periode I, untuk lakukan dengan baik dan simak dengan baik ya..
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Guru PABD
MUDARRIS SULTONI, S.Pd.I

PENDIDIKAN AGAMA DAN BUDI PEKERTI KELAS XI
Anak-anakku yang yang selalu di rahmati Allah, berikut ini adalah beberapa materi yang kalian ikuti selama 3 hari pada semester Ganjil ini pada periode I, untuk lakukan dengan baik dan simak dengan baik ya..
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Guru PABD
MUDARRIS SULTONI, S.Pd.I

Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan XI
Apa kabar anak-anak,
Semangat terus yaa belajar dari rumah.
Tetap displin mengikuti protokol kesehatan.

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS XII
Kata nikah berasal dari bahasa arab yang
berarti bertemu, berkumpul. Menurut istilah nikah
ialah suatu ikatan lahir batin antara seorang laki-laki dan perempuan untuk
hidup bersama dalam suatu rumah tangga melalui aqad yang dilakukan menurut
hukum syariat Islam. Menurut U U No : 1 tahun 1974,
Perkawinan ialah ikatan lahir batin antara seorang pria dan wanita sebagai
suami istri dengan tujuan membentuk rumah tangga (keluarga) yang bahagia dan
kekal berdasarkan Ketuhanan YME

Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
anak-anaku sekalian, sebelum memulai pembelajaran via online ini, marilah kita memanjatkan rasa syukur kita kepada Allah SWT, yang telah memberikan nikmat sehat tanpa kurang sedikitpun, apalgi dalam suasana pandemi corona ini, memaksa kita untuk selalu ekstra berhati-hati, memawas diri agar terhindar dari virus yang menghantui dalam kehidupan sehari-hari ini.
pemelajaran kali ini berbeda dengan tahun-tahun yang lalu, yang biasanya kita selalu bertatap muka di kelas, sekarang bisa bertatap muka diwakili oleh layar laptop, HP, kita masing-masing. semoga tidak mengurangi khidmatnya proses belajar mengajar kali ini.
baiklah anak-anakku semua, sebelum masuk pada materi. kita berdo'a sejenak, dengan harapan Allah mengangkat pandemi ini & dilancarkan semua hajat kita, serta ilmu yang kita pelajari barokah dan bermanfaat. Amiin
pada kali ini kita akan membahas tentang Berfikit Kritis.
langkah pertama dari pembelajaran yaitu:
1. Tujuan Pembelajaran,
4.1.1 terbiasa membaca al-Qur’an1.1 Membaca Q.S. Ali Imran (3): 191; sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf4.1.2 mendemontrasikan Q.S. Ali Imran (3): 191; sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf3.1 Menganalisis Q.S. Ali Imran (3)191, serta hadits tentang berpikir kritis2.3 Menunjukkan sikap kritis sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ali Imran (3) : dan 159, serta hadits
baik kita simak dulu sekilas ini. mohon disimak
2. Membaca QS. Ali Imran/3: 190“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan pergantian malam dan siang terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berakal.”
Pada pembelajaran kali ini erat kaitannya dengan surat al imran ayat 190-191
Artinya:
“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan pergantian malam
dan siang, terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang-orang yang
berakal, yaitu orang-orang yang senantiasa mengingat Allah dalam keadaan
berdiri, duduk, dan berbaring, dan memikirkan penciptaan langit dan bumi
(seraya berkata), “Ya Tuhan kami, tidaklah Engkau ciptakan semua ini dengan
sia-sia, Maha Suci Engkau, lindungilah kami dari siksa api neraka”.
4 Menghafal QS. Ali Imran/3: 190
“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan pergantian malam dan siang terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berakal.”
5 Menghafal QS. Ali Imran/3: 191
“(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri, duduk atau dalam keadaan berbaring, dan mereka memi-kirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata), “Ya Tuhan ka-mi, tidaklah Engkau menciptakan semua ini sia-sia; Mahasuci Engkau, lindu-ngilah kami dari azab neraka.”
6 Saatnya Menghafal menulis nama lengkap, kelas hafalan Ali Imran (3: 190-191)
7 Menghafal QS. Ali Imran, 3: 190-91
Sangat lancar : kesalahan 0-3 (91-100) Lancar : kesalahan 4-6 (86-90) Sedang : kesalahan 7-10 (80-85) Kurang lancar : kesalahan (70-79) Tidak lancar : kesalahan diatas 15 (60-0)
8 Asbabun Nuzul QS. Ali Imran/3: 190-191
Orang Quraisy mendatangi kaum YahudiBukti kebenaran apakah yang di bawa Musa kepadamu?Dijawab, “Tongkat dan tangannya yang putih bersinar bagi yang memandanginya.”Orang Quraisy mendatangi kaum NasraniBagaimana dengan Isa?Isa menyembuhkan mata yang buta sejak lahir dan menghidupkan orang yang matiOrang Quraisy mendatangi RasulullahMintalah dari Tuhanmu agar bukit Sofa itu menjadi emas untuk kamiNabi berdoa dan turunlah ayat ini
9 Isi QS. Ali Imran/3: 190Diantara tanda-tanda kebesaran Allah adalah penciptaan langit dan bumi serta pergantian malam dan siangOrang-orang yang berakal adalah orang-orang yang senantiasa mengingat Allah dalam keadaan apapun dan memikirkan penciptaan langit dan bumiTidak ada satu pun ciptaan Allah Swt. yang sia-sia, semuanya mengandung manfaat dan hikmah
10 Hadis Riwayat At-Tirmidzi
Orang yang CerdasOrang yang lemahOrang yang mampu mengintropeksi diri dan suka beramal untuk kehidupan setelah matiOrang yang selalu mengikuti hawa nafsunya dan berharap kepada Allah dengan harapan kosong
11 Beramal sebelum datangnya 7 perkara HR. Tirmidzi
KiamatKemiskinan yang melalaikanKekayaan yang menyombongkanSakit yang merusak tubuhTua yang melemahkanKematianDajjalHR. Tirmidzi

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas XII
Hai anak-anak hebat,
Bertemu lagi dengan Ibu di pembelajaran PPKN kelas XII
Semangat terus ya !!
Kita akan berselancar menikmati Materi ETOS KERJA

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas X
Selamat belajar bersama di SMK Negeri 2 Bondowoso
Kalian akan belajar tentang pendidikan kewarganegaraan melalui jaringan Moodle

PENDIDIKAN AGAMA DAN BUDI PEKERTI
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Anak-anakku yang selalu dalam lindugan Allah, kali ini saya akan membagikan materi Agama Islam mengenai Berpikir Kritis dan Bersikap Demokratis. Adapun yang akan kita bahas adalah Makna Berpikir Kritis, Makna Bersikap Demokratis, Ayat-Ayat Alquran tentang Berpikir Kritis dan Bersikap Demokratis.
Berpikir adalah fungsi akal. Dengan berpikir manusia memanfaatkan akalnya untuk memahami hakikat segala sesuatu. Hakikat segala sesuatu adalah kebenaran, dan kebenaran yang sejati adalah Allah SWT. Dengan berpikir, manusia mengenal Allah SWT. dan mendekatkan diri kepada Nya. Maka., berpikir adalah awal perjalanan ibadah yang tanpa Nya ibadah menjadi tak bernilai. jika berkaitan dengan ibadah sudah ada ketentuan yang terperinci dari Allah SWT. Adapun dalam kehidupan ini banyak sekali masalah yang kita hadapi selain ibadah. Salah satu cara menyelesaikan masalah tersebut adalah dengan bermusyawarah.

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Anak-anakku yang selalu dalam lindugan Allah, kali ini saya akan membagikan materi Agama Islam mengenai Berpikir Kritis dan Bersikap Demokratis. Adapun yang akan kita bahas adalah Makna Berpikir Kritis, Makna Bersikap Demokratis, Ayat-Ayat Alquran tentang Berpikir Kritis dan Bersikap Demokratis.
Berpikir adalah fungsi akal. Dengan berpikir
manusia memanfaatkan akalnya untuk memahami hakikat segala sesuatu. Hakikat
segala sesuatu adalah kebenaran, dan kebenaran yang sejati adalah Allah SWT. Dengan
berpikir, manusia mengenal Allah SWT. dan mendekatkan diri kepada Nya. Maka.,
berpikir adalah awal perjalanan ibadah yang tanpa Nya ibadah menjadi tak
bernilai. jika berkaitan dengan ibadah sudah ada ketentuan yang terperinci dari
Allah SWT. Adapun dalam kehidupan ini banyak sekali masalah yang kita hadapi
selain ibadah. Salah satu cara menyelesaikan masalah tersebut adalah dengan
bermusyawarah

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Assalamualikum wr. wb. selamat bergabung dengan kami di mata pelajaran PPKn, pada pertemuan yang pertama ini kita akan mempelajari materi tentang hakikat bangsa dan negara.

Pendidikan Agama dan budi Pekerti Kelas XII
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Anak-anakku yang yang selalu di rahmati Allah, berikut ini adalah beberapa materi yang kalian ikuti selama 3 hari pada semester Ganjil ini pada periode I, untuk lakukan dengan baik dan simak dengan baik ya..
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Guru PABD
MUDARRIS SULTONI, S.Pd.I

Matematika Kelas X Kelas X B1, X B2, X D2
Assalamualakum wr, wb
Bgaimana kabarnya anak - anak? mudah2an kalian sehat semua
kali ini kita akan mempelajari materi tentang Program Linear, Program Liner dibagi beberapa KD diantaranya :
3.4 Menentukan
nilai maksimum dan minimum permasalahan kontekstual yang berkaitan dengan
program linier dua variabel
3.4.2 Menggunakan konsep nilai maksimum dan minimum permasalahan kontekstual yang berkaitan dengan program linier dua variabel dengan menggunakan garis selidik.
4.4 Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan program linear dua variable
4.4.1 Membuat daerah penyelesaian pertidaksamaan linear dua variable dari permasalahan kontekstual yang diketahui
4.4.2 Menyelesaikan masalah program linier dua variabel
Jika kalian ada kesulitan bisa menghubungi Ibu Arini (082 143 261 621)
Bahasa Indonesia kelas XII
1. Jenis-jenis surat
2. Unsur-unsur surat resmi
3. Model/bentuk surat resmi
4. Pengertian surat lamaran pekerjaan
5. Jenis surat lamaran pekerjaan
6. Unsur surat lamaran pekerjaan

Bahasa Inggris
Asking and Giving Opinion ialah suatu ungkapan yang digunakan untuk menanyakan, menjawab atau merespon suatu pendapat. Dalam Opinion, biasanya terdapat beberapa kata kerja yang digunakan antara lain believe (percaya), reckon (memperhitungkan), think (rasa/pikir), doubt (meragukan), assume (berasumsi), agree (setuju), atau don’t agree (tidak setuju).
Asking Opinion (Menanyakan Pendapat/Opini)
• What do you think of…?
• What is your opinion?
• What do you think about…?
• What is your idea?
• How about…?
• How do you feel?
Giving Opinion (Memberikan Pendapat)
- I think….
- In my opinion
Contoh Agreeing dan Disagreeing Opinion
Agreeing Opinion.
• Of course.
• This is absolutely right.
• I agree with this opinion.
• I agree with your Opinion.
- I am sorry, I don’t agree with you
- I disagree with you
- I don’t agree with you

Bahasa Indonesia
1. Definisi surat
2. Unsur-unsur surat resmi
3. Jenis-jenis surat
4. Format/bentuk surat resmi
5. Isi surat lamaran pekerjaan
6. Contoh surat lamaran pekerjaan

Penjaskes kelas X (baru)
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh
Selamat pagi dan semoga tetap selalu sehat. Pada kesempatan ini saya akan menyampaikan pembelajaran untuk mapel penjaskes kelas X. Kursus ini digunakan sebagai sarana pembelajaran untuk siswa kelas X yang khususnya ter-rescedule dikarenakan jadwal yang awalnya tatap muka namun digantikan dengan pembeajaran daring
jika ada kendala atau pertanyaan sialhkan ditanyakan pada forum diskusi/grup pada menu di permata smakenda, jika beberapa anak mengalami kesulitan dalam mengakses permata smakenda silahkan diinformasikan kepada yang lainnya atau bisa menggubungi via WA 085257759910(Pak. Rahmat)

SENI BUDAYA Kelas X Semua Jurusan (8 Oktober 2020)
Salam Sejahtera,
Hallo anak-anakku , semoga kita semua masih diberi berkat dan rahmat oleh Tuhan Yang Maha Esa dan selalu diberi kesehatan juga semangat untuk terus belajar .
Pada pertemuan kali ini Bu Chris sampaikan materi pembelajaran tentang Konsep Seni. Silahkan pahami materinya dan kerjakan tugasnya.
Terus semangat ya, dan tetap jaga kesehatan....
SALAM BUDAYA

PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN KELAS X
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh
Selamat datang di pembelajaran Penjaskes.
Perkenalkan nama saya Muhammad Rahmatullah, S. Pd dan kalian semua bisa panggil saya pak Rahmat
Bagaimana kabar kalian? semoga selalu sehat dan dalam lindungan Allah SWT. Pada pembelajaran pertama ini kita akan masuk dalam materi kebugaran jasmani. Silahkan dipelajari materi yang telah diberikan serta mengerjakan tugasnya dengan baik, jika ada kesulitan atau ada yang ingin ditanyakan silahkan tanyakan pada forum diskusi.
wassalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh

Bahasa Madura X (APH, Jasa Boga dan Busana Butik)
Assalamualaikum wr.wb
Selamet apangghi e palajaran Bhasa Madhura bab Carakan Madhura
Tujuan Pembelajaran :
1. Mengidentifikasi tata tulis carakan Madura dalam wacana.
2. Menganalisis isi teks carakan Madura.
3. Memahami isi teks carakan Madura.
4. Menyalin kalimat yang tertulis dalam ejaan bahasa madura latin ke dalam carakan Madura sesuai kaidah.
5. Menyusun kalimat yang
tertulis dalam carakan Madura
menjadi paragraf yang sempurna
sesuai kaidah.
Selamat Belajar
Bu Eni Feriantina, S.Pd

BAHASA MADURA KelaS XI D2 danXI C (Laura Huzeimah Joefrie, S.Pd)
3.1 Mengidentifikasi,memahami,dan
menganalisis teks drama,prosa atau puisi sesuai isi
4.1 Menginterpretasi,
menanggapi dan memperagakan teks drama, puisi, prosa sesuai isi dengan bahasa
yang komunikatif

BAHASA MADURA (X C)
Assalamualaikum wr.wb nak - kanak ....salamet bergabung dalam socah pangajharan bhasah madhura. Paneka kita bhadhih membahas tentang carakan madhura.
Selamat bertemu di mata pelajaran bahasa daerah dalam hal ini bahasa madura,pada kesempatan kali ini kita bersama akan membahas tentang CARAKAN MADURA (AKSARA GHAJANG)
Tujuan Pembelajaran:
1. Melalui kegiatan pembelajaran dengan metode analisis, diskusi , tanyajawab dan penugasan dengan model Discovery learning dan pendekatan scientifik, siswa dapat mengidentifikasi, memahami dan menganalisis carakan madhura sesuai kaidah.
2. Membaca cepat teks wacana sastra atau nonsastra carakan madhura sehingga siswa dapat menghayati dan mengamalkan bahasa madhura dengan baik.
3. Mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan berkomunikasi yang baik menggunakan bahasa madhura.

Bahasa Madura XI
Selamat bertemu kembali dengan Mata Pelajaran Mulok Bahasa Daerah.
Kita sudah belajar Bahasa Jawa di kelas X, nah di kelas XI ini kita akan belajar Bahasa Madura
Tujuan Pembelajaran:
1. Melalui kegiatan menyimak contoh teks puisi , peserta didik dapat menganalisis struktur teks puisi dengan baik
2. Melalui kegiatan mencermati teks puisi, peserta didik dapat mengidentifikasi isi teks puisi dengan baik
3. Melalui kegiatan mencermati teks puisi , peserta didik dapat mengidentifikasi pesan / amanat dalam teks puisi
4. Setelah belajar kaidah dan karakteristik puisi , peserta didik dapat membaca teks membaca indah teks puisi dengan baik

KEPARIWISATAAN KELAS XA1, XA2, XA3, XB1 (Laura HJ, S.Pd)
3.5 Memahami jenjang karir dalam industri pariwisata
4.5 Mengelompokkan jenjang karir dalam organisasi kepariwisataan benar dan sesuai konteks penggunaannya.
KEPARIWISATAAN(X B2,X C,X D1, X D2)-Ika Puspita Sari Putri,S.Pd
Asslamualaikum wr.wb
Selamat bertemu kembali dalam mata pelajaran kepariwisataan
kali ini kita akan membahas tentang :
Tema: Jenis dan Ruang Lingkup Karier Industri Pariwisata
Tujuan Pembelajaran:
Setelah mempelajari bab ini, anda diharapkan mampu:
1. Mengidentifikasikan jenis-jenis karir dalam industri pariwisata sesuai dengan keahlian.
2. Menganalisa jenjang karir dalam organisasi kepariwisataan sesuai dengan kebutuhan industri pariwisata.
3. Membandingkan jenjang karir dalam organisasi kepariwisataan dengan jenjang karir yang ada pada masa sekarang.
4. Mampu Membuat mind mapping tentang jenis karir dalam organisasi kepariwisataan sesuai
dengan keahlian
Selamat Belajar anak - anak HEBAT

SANITASI, HYGIENE, DAN KESELAMTAN KERJA-2
3.3.1 Mengidentifikasi definisi kecelakaan kerja
3.3.2 Menguraikan klasifisikasi macam – macam kecelakaan kerja dalam peristiwa sehari-hari
3.3.3 Membuktikan macam – macam kecelakaan kerja, cara pencegahannya serta penanganannya

KEAMANAN PANGAN KELAS XA2
Tujuan pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini peserta didik mampu:
· 1. Menemukan bahan pencemar terhadap makanan
· 2. Menyebutkan bahan pencemar terhadap makanan
3. Menyimpulkan bahan pencemar terhadap makanan
4. Mengidentifikasi tindakan penanganan makanan untuk mencegah perkembangbiakan mikroorganisme yang merugikan kerusakan dan keracunan makanan
5. Mendemonstrasikan tindakan penanganan makanan untuk mencegah perkembangbiakan mikro organisme yang merugikan, kerusakan, dan keracunan makanan
Anatomi Fisiologi Kecantikan
Tujuan Pembelajaran :
1. Mengidentifikasi struktur kulit dan fungsi kulit
2. Mengklasifikasikan jenis kulit
3. Mengidentifikasi struktur rambut dan fungsi rambut
4. Mengklasifikasikan jenis kulit kepala dan rambut

IPA TERAPAN (KELAS XC)
Pencemaran Lingkungan
Penyebab Pencemaran lingkungan
Limbah
Penanganan Limbah

IPA TERAPAN (KELAS X)
1. Mengidentifikasikan sampah di lingkungan rumah
2. Merancang prosedur penanganan sampah (komposting, reduce, reuse atau recycle) secara tepat
3. Mengomunikasikan proses penanganan sampah secara lisan/tertulis
4. Melakukan kampanye peduli lingkungan dengan kalimat persuasif
PEMBELAJARAN INI DITUTUP PADA 14 AGUSTUS 2020

IPA TERAPAN (KELAS X D1 DAN X D2)
TUJUAN PEMBELAJARAN:
Setelah mengikuti pembelajaran ini peserta didik mampu:
1. Mengidentifikasikan sampah di lingkungan rumah
2. Merancang prosedur penanganan sampah (komposting, reduce, reuse atau recycle) secara tepat
3. Mengomunikasikan proses penanganan sampah secara lisan/tertulis
Membuat media kampanye peduli lingkungan dengan kalimat persuasifKEGIATAN PEMBELAJARAN INI, AKAN BERAKHIR PA TANGAL 16 AGUSTUS 2020 JAM 23.59 WIB

Seni Budaya kelas X
Salam Sejahtera buat kita semua.
Hallo anak-anakku semua, apa kabar? semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat dan dilindungi oleh Tuhan Yang Maha Esa. Perkenalkan saya Bu Chriswati Dwi Rahayu, S.Sn. Panggil saja Bu Chriswati.
Pelajaran Seni Budaya pastinya sudah tidak asing lagi ya bagi anak-anak, yaitu mengenal beberapa jenis seni antara lain seni rupa, seni tari, seni musik dan seni teater. Kalian pasti masing-masing mempunyai bakat atau hobby dari salah satu seni itu.
Pada pertemuan ini Bu Chris akan mengajarkan materi tentang Memahami Konsep Budaya yaitu KD 3.1 dengan tujuan pembelajaran :
o Peserta didik mampu menggali konsep budaya secara umum dan menurut para ahli dengan santun dan mandiri
o Peserta didik mampu menjelaskan unsur-unsur budaya dengan santun dan mandiri
o Peserta didik mampu membandingkan konsep budaya daerah setempat dan daerah lain dengan santun dan mandiri
o Peserta didik mampu mengidentifikasi konsep budaya dari daerah lokal dan nusantara dengan santun dan mandiri
o Peserta didik mampu mempresentasikan konsep budaya dari daerah lokal dan nusantara secara santun dan mandiri
Jadi nanti anak-anak silahkan pelajari materi yang ibu sampaikan pada kelas ini, dan ada tugas yang harus kalian kerjakan.
Tetap semangat dan terus jaga kesehatan. Sekian terimakasih.
SALAM BUDAYA
Pembelajaran dan pengerjaan tugas dimulai 17 September 2020 berakhir 24 September 2020.

Kecantikan Dasar
Tujuan Pembelajaran :
1. Mengidentifikasi kondisi tangan, kaki dan kuku beserta sesuai ciri-cirinya
2. Mengidentifikasi kelaianan tangan dan kaki sesuai ciri-cirinya

ILMU GIZI KELAS XA3 SEMESTER GANJIL
Kompetensi Dasar yang diberikan pada pembelajaran ini adalah :
3.1 Menganalisis zat gizi sumber zat energi yang diperlukan tubuh
4.1 Memecahkan masalah kekurangan zat gizi sumber energy yang diperlukan tubuh
3.2 Menganalisis zat gizi sumber zat pembangun yang diperlukan tubuh
4.2 Memecahkan Masalah kekurangan zat gizi sumber zat pembangun yang diperlukan tubuh
3.3 Menganalisis zat gizi sumber zat pengatur yang diperlukan tubuh
4.3 Memecahkan masalah kekurangan zat gizi sumber zat
pemgatur yang diperlukan tubuh

PERAWATAN KULIT KEPALA DAN RAMBUT
Setelah peserta didik mempelajari kompetensi perawatan kulit kepala, pencucian rambut dan menganalisa karakteristik kulit kepala dan rambut serta kelainannya sesuai teknik analisa , peserta didik mampu melakukan
1.1 Memahami pengetahuan anatomi dan fisiologi kulit kepala dan rambut berdasarkan konsep tripology rambut.
1.2 Mengidentifikasi jenis kulit kepala dan rambut serta kelainan-kelainannya sesuai dengan ciri-ciri kondisi kulit kepala dan rambut.
1.3 Melakukan pencucian rambut

Pengetahuan Bahan Makanan X A1
TUGAS KD 3.2 Menganalisis kualitas bahan makanan dari unggas dan hasil olahannya
TUGAS KD 3.3 Menganalisis kualitas bahan makanan dari ikan dan hasil laut (fish and seafood)

Pengetahuan Bahan Makanan X A1
TUGAS KD 3.1 Menganalisis kualitas bahan makanan dari daging dan hasil olahannya

Pengetahuan Bahan Makanan X A1
Menganalisis kualitas bahan makanan dari ikan dan hasil laut (fish and seafood)

Pengetahuan Bahan Makanan X A1
Menganalisis kualitas bahan makanan dari unggas dan hasil olahannya

Pengetahuan Bahan Makanan X A1
Menganalisis kualitas bahan makanan dari daging
dan hasil olahannya

KECANTIKAN DASAR XC
Tujuan pembelajaran yaitu
- 3.1 Menganalisis kulit wajah
- 3.5 Menerapakan perlatan kecantikan kulit

DASAR DESAIN KELAS XB
TUJUAN PEMBELAJARAN:
1. Siswa dapat menjelaskan menjelaskan pengertian rok
2. Siswa dapat menjelaskan macam-macam rok
3 .Siswa dapat mencari contoh rok suai dan rok A
4. Siswa dapat menyiapakn area kerja susuai K3
4. Siswa dapat menyiapkan alat dan bahan untuk membuat desai rok
5. Siswa dapat membuat desain rok suai dan rok A

BOGA DASAR Xa1
3.3 Menerapkan potongan bahan makanan
4.3 Membuat potongan bahan makanan

Boga Dasar kelas X A3
Assalamualaikum, bagaimana kabarnya anak-anak semoga kalian selalu dalam keadaan sehat...amin
Pada pertemuan kali ini kalian akan mempelajari tentang :
3.6 Menerapkan lipatan daun dan alas hidangan4.6 Membuat lipatan daun dan alas hidangan
3.7 Menganalisis garnish makanan dan minuman
4.7 Membuat garnish makanan dan minuman
3.8 Menerapkan pembuatan makanan pelengkap
3.10 Menganalisis penyajian makanan

Pengetahuan Bahan Makanan kelas X A3
3.1 Menganalisis kualitas bahan makanan dari daging dan hasil olahannya
3.2 Menganalisis kualitas bahan makanan dari unggas hasil olahannya
3.3 Menganalisis kualitas bahan makanan dari ikan dan hasil laut (fish and seafood)

Sanitasi, Hygiene, dan Keselamatan Kerja
Berikut akan disajikan bahan ajar tentang ruang lingkup sanitasi, hygiene dan keselamatan kerja.
Baca dan pahami materi tersebut serta selesaikan tugasnya dengan SENANG

zat gizi sumber energi
zat gizi sumber energi yang sangat diperlukan tubuh ;

Custome Made XII B1
Jas adalah busana kerja yang merupakan pakaian resmi berlengan panjang. Jas yang terdiri dari 2 bagian yaitu bagian atas dan bagian bawah disebut Duex Piece. Sedangkan jas yang terdiri dari 3 bagian disebut There piece.

Front Office 1
Setelah mempelajari modul ini siswa diharapkan:
a). Mengetahui tipe-tipe reservasi bergaransi dan tidak bergaransi
b). Mampu mengumpulkan data reservasi (reservation inquiry)

Bahasa Korea
Target Pelajaran Untuk Pertemuan Tanggal 29 September 2020:
- Ketrampilan Menggunakan Kala Lampau, Mengundang
- Kosakata
- Pronomina Interogatif, Kegiatan Akhir Pekan
- Tatabahasa -았/었-, 하고, -(으)ㅂ시다
- Kebudayaan Kegiatan Akhir Pekan Masyarakat Korea
Guru Pembina
Dr. Adil Siswanto, M. Par

Produk Cake dan Kue Indonesia Kelas XII A2
3.7 Mengevaluasi Indonesian cake
4.7 Membuat Indonesian cake (misalnya lapis legit, lapis surabaya
3.9 Menerapkan bahan pengisi kue
4.9 Membuat bahan pengisi kue
3.10 Menganalisis hasil bahan penutup kue
4.10 Membuat bahan penutup kue

PASTRY BAKERY KELAS X II A 2

Front Office 1
Sistem reservasi dalam suatu hotel, meliputi:
a) Sistem Manual ( Manual/Conventional System) meliputi:
(1). Seluruh informasi dicatat pada formulir reservation slip, kemudian
dipindahkan ke reservation diary
(2). Dengan sistem manual yang mendetil biasanya dicatat di Conventional
Reservation Charts (CRC) yaitu: sebuah daftar yang berisi seluruh kamar
dan reservasi yang ada dibulan itu.
b) Sistem Komputerisasi (Computerised System) meliputi:
(1). Sistem komputer dapat dihubungkan dengan sistem manual
(2). Formulir reservasi diisi dengan sitem manual terlebih dahulu, kemudian
pemesanan yang diterima tersebut di masukkan ke data komputer
Bahasa Korea
Target Pelajaran
- Ketrampilan Mengutarakan Waktu dan Kegiatan Keseharian
- Kosakata Waktu, Kegiatan Keseharian
- Tatabahasa Kata Bilangan Asli Korea, Kata Bilangan untuk Kata Jenis(1), -아/어요, 에 가다, 안
- Kebudayaan Kehidupan Mahasiswa di Korea dan Indonesia

Laundry Kelas XII
3.10 Menerapkan pengemasan dan penyimpan cucian
4.10 Melakukan pengemasan dan menyimpan

PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN XI C
Tujuan Pembelajaran :
Setelah materi ini di
pelajari siswa mampu memahami pengertian
dan peranan wirausaha serta
karakteristik usaha dan dapat menerap karakter wirausaha.
serta dapat menerapkan karakter sebagai seorang wirausaha.

Bahasa Korea 1. 한국어1
일상생활. KEGIATAN SEHARI-HARI.
Target Pelajaran
Ketrampilan: Menceritakan Kegiatan Sehari-Hari, Menceritakan Sesuatu yang Digemari
Kosakata: Kata Kerja(1), Kata Sifat (1), Kosakata Sehari-Hari, Pronomina Interogatif
Tatabahasa -ㅂ/습니다, -ㅂ/습니까, 을/를, 에서
Kebudayaan Kegemaran Orang Korea
감사합니다
Dr. Adil Siswanto, M. Par

Produk Cake dan Kue Indonesia XI A2 & XI A3
3.1 Menganalisis kue Indonesia dari ketan dan tepung ketan
3.2 Menganalisis kue Indonesia dari beras dan tepung beras
3.3 Menganalisis kue Indonesia dari tepung terigu
3.4 Menganalisis kue Indonesia dari umbi-umbian

PENGOLAHAN DAN PENYAJIAN MAKANAN
KOMPETENSI DASAR
3.8 , 3.9, 3.10 dan 3.12 menganalisa hidangan dari daging, unggas, sea food dan penutup
4.8, 4.9, 4,10 dan 4,12 membuat hidangan dari daging, unggas , sea food dan penutup

Front Office 1
Cara Menangani Pemesanan Kamar Untuk Tamu Individu
Untuk memudahkan pemahaman dalam proses menangani pemesanan kamar untuk tamu individu, dapat dilihat pada diagram dibawah ini
Guru Pembimbing
Dr. Adil Siswanto, M.Par

Bahasa Korea 1 (한국어1)
Target Pelajaran
- Ketrampilan Menyebutkan Nama Benda, Memperkenalkan Sekolah
- Kosakata Tempat (1), Fasilitas Sekolah, Benda di Ruang Kelas
- Tatabahasa 여기 · 거기 · 저기, 이것 · 그것 · 저것, 이/가, 에 있습니다, 이/가 아닙니다
- Kebudayaan Sistem Pendidikan di Korea
Guru Pembimbing
Dr. Adil Siswanto, M.Par

Bahasa Korea 1
Ayo Menulis (써 봅시다)
Terjemahkanlah kalimat berikut ke dalam bahasa Korea.
(1) Saya (adalah) seorang pelajar. .
(2) Saya (adalah) orang Amerika. .
(3) Budi (adalah) seorang karyawan. .
(4) Lee Yuna (adalah) orang Korea.
Tulislah pekerjaan dan kewarganegaraanmu seperti contoh.
<Contoh>
저는 선생님입니다. Saya Adalah Guru
저는 한국 사람입니다. Saya adalah orang Korea
.

perawatan Kulit Kepala dan Rambut
1. Memahami pengertian dan tujuan perawatan kulit kepala dan rambut sesuai dengan konsep perawatan rambut dengan tepat.
2. Melakukan persiapan kerja perawatan kulit kepala dan rambut sesuai konsep K3 dengan penuh tanggungjawab
Perawatan Tangan Dan Kaki/ Manicure Padicure
3.1 Menerapkan perawatan tangan, kaki dan kuku
4.1 melakukan perawatan tangan, kaki dan kuku

Front Office (1) Kelas XI APH
Front office merupakan bagian dari sebuah hotel yang pertama kali berhubungan dengan calon tamu atau tamu hotel.
Adapun peranan Front Office:
1. Pusat kegiatan hotel
2. Melayani tamu check in, check out dan room change
3. Menyewakan kamar hotel kepada tamu
4. Menentukan keberhasilan pelayanan hotel.
Semoga Media Pembelajaran ini dapat memudahkan Pemahaman Bagi Peserta Didik Jurusan Perhotelan Khususnya Kelas XI, Yang saat ini masih Study From Home dikarenakan adanya Pandemi Covid-19 yang masih belum memungkinkan untuk belajar secara tatap muka.
Salam Sukses
Dr. Adil Siswanto, M.Par

Bahasa Korea 1 (한국어1)
1. 입니다 artinya "adalah" dilekatkan di belakang kata benda dan digunakan sebagai bentuk sopan.
2. 입니까 Bentuk interogatif (pertayaan) dari 이다. Dilekatkan di belakang kata benda untuk mempertanyakan predikat dari kalimat.
3. 은/는 Dilekatkan pada kata benda untuk menunjukkan topik dari kalimat. Apabila kata benda diakhiri dengan vokal, digunakan 는. Sementara 은 digunakan apabila kata benda diakhiri dengan konsonan. Bentuk ‘kata benda + 은/는’ dapat dihilangkan bila topik adalah subjek kalimat.
Tetaplah semangat dan terus belajar dengan baik, walaupun saat ini kalian semua masih belajar dari rumah (Study From Home) dan semoga Pandemi Covid-19 ini segera sirna, sehingga kita segera bisa bekerja dan belajar seperti sedia kala yaitu dengan belajar secara tatap muka agar lebih mudah adanya interaksi dan komunikasi dua arah antara guru dan peserta didik.
Salam sukses dan sehat selalu.
Dr. Adil Siswanto, M.Par
좋은 연구와 성공을 거두십시오
감사합니다

Pratata Rambut

PRODUK PASTRY DAN BAKERY
Kompetensi dasar yang diberikan pada pembelajaran ini adalah :
3.6 Menganalisis kue dari adonan pie
4.6 Membuat kue dari adonan pie
3.9 Menganalisis choux paste
4.9 Membuat kue dari adonan sus (choux paste)

Food & Beverage Service
Untuk menjaga kwalitas dari makanan harus ada perlakuan khusus:
*PEMILIHAN BAHAN MAKANAN
A. Beberapa hal yang harus diingat tentang pemilihan bahan makanan
B.PENYIMPANAN BAHAN MAKANAN
C.TEMPERATUR TEMPAT /RUANG PENDINGIN
D.Temperatur tempat / ruang dingin
E.PROSEDUR PENYIMPANAN
F.PENCEGAHAN KERUSAKAN TEMPAT/RUANG PENDINGIN
*PENGOLAHAN MAKANAN
1. Penjamah Makanan
2.Cara Pengolahan Makanan
3.Tempat Pengolahan Makanan
4. Perlengkapan/Peralatan dalam Pengolahan Makanan
*PENYIMPANAN MAKANAN
*PENGANGKUTAN MAKANAN
*PENYAJIAN MAKANAN
*MELAKUKAN TEHNEK POTONG

BAHASA KOREA 1 (한국어 1)
Pertemuan ke 2 ini ada;ah lanjutan materi dari pertemuan ke 1 tentang Sejarah Korea dan Huruf Hangeul. Memahami huruf Hangeul, merupakan suatu keharusan yang harus dimiliki oleh setiap siswa, untuk dapat mengikuti pembelajaran Bahasa Korea dengan lebih baik. Pemahaman yang baik dalam huruf Hangeul akan mampu:
1. Menulis huruf Hangeul dengan baik sesuai dengan tata bahasanya,
2. Membaca huruf Hangeul dengan baik,
3. Menterjemahkan makna kalimat
4. Melafalkan bacaan dengan baik.
Guru Pembina
Dr. Adil Siswanto, M.Par

Pengeritingan Rambut dan Penataan Sanggul Tradisional dan Kreatif XII C
Tujuan pembelajaran :
setelah mengikuti pembelajaran ini peserta didik mampu :
1. Menguraikan konsep dasar pengeritingan rambut sesuai dengan teori teknik dasar pengeritingan secara lisan dan tertulis dengan tepat.
2. Memilih alat dan kosmetik pengeritingan rambut teknik dasar sesuai dengan fungsinya secara lisan dan tertulis dengan tepat.
3. Merencanakan pengeritingan rambut teknik dasar sesuai prosedur dengan tepat.

TATA HIDANG
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah membaca materi, mengerjakan tugas dan berdiskusi peserta didik mampu:
1. Menyebutkan dan menjelaskan berbagai macam alat makan dan minum serta alat hidang dengan
mandiri dan tanggung jawab
2. Menentukan berbagai macam alat makan dan minum serta alat hidang
3. Memilih alat makan dan berbagai macam minum serta alat hidang

PENGOLAHAN DAN PENYAJIAN MAKANAN KELAS XI A3
3.6 Menganalisis hidangan dari kentang dan pasta
4.6 Membuat hidangan dari kentang dan pasta

PENGOLAHAN DAN PENYAJIAN MAKANAN KELAS XI A1 DAN XI A2
TUJUAN PEMBELAJARAN
Menguraikan pengertian, Menelaah fungsi, merinci jenis , memilih tehnik pembuatan dan menganalisa penyimpanan soup secara jujur, mandiri , teliti dan tanggung jawab dengan baik

Pemangkasan dan Pewarnaan Rambut XIC
tujuan pembelajran :
3.1 Menerapkan penggunaan rambut
3.2 menerapkan pemangkasan rambut

Laundry kelas XI Perhotelan
Laundry adalah salah satu mata pelajaran produktif bagi siswa perhotelan
Produk Pastry & Bakery XIIA1
Materi Produk Pastry & Bakery Kelas XII Jasa Boga
Tujuan Pmbelajaran :
Siswa dapat mengidentifikasi alat dan bahan Puff Pastry
Siswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis Puff Pastry
Siswa dapat menganalisis hasil dari Puff pastry
By Indah Budi Rahmawati, S.Pd

Produk Pastry & Bakery XIA1
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mengidentifikasi bahan dan alat untuk membuat kue dari Adona Pie
Siswa dapat membuat bahan-bahan kue dari Adonan Pie
Siswa dapat m endeskripsikan langkah-langkah pembuatan kue dari Adonan Pie
Indah Budi R, S.Pd

Materi Pembelajaran Membuat Rok Kelas X B2
Dengan melihat
materi membuat rok peserta didik dapat menjelaskan cara mengambil
ukuran, mempraktekkan cara mengambil ukuran, mengidentifikasi ukuran yang dibutuhkan, membuat pola rok dengan skala
kecil dan besar, memotong dan menjahit rok secara mandiri dan bertanggung jawab

Sejarah Kebudayaan Korea dan Penciptaan Huruf Hangeul
Bahasa korea digunakan di Semenanjung Korea dengan jumlah pengguna bahasa di Korea Selatan 40 juta orang, di Korea Utara 20 juta orang. Selain itu di Cina sebanyak 2,1 juta orang, di Amerika Serikat sebanyak 2,1 juta orang, di Jepang 600 ribu orang, di Rusia berkisar ratusan ribu orang.
Hangeul adalah sistem apfabet bahasa Korea yang diciptakan oleh Raja Sejong pada Tahun 1443.
감사합니다
Dr. Adil Siswanto, M. Par
한국어선생님은

Perawatan Badan Secara Tradisional
- Persiapan Ruangan Area Kerja
- Persiapan Bahan Kosmetik dan Alat Spa
- Persiapan lenan perawatan badan
- Persiapan Diri Pribadi (Beauty Therapist)
- Persiapan Pelanggan

Menganalisis public area section kelas XI
MATERI PUBLIC AREA
1. PENGERTIAN PUBLIC AREA
2. JENIS PUBLIC AREA HOTEL